PECUN MAHAKAM

kali ini cerita soal buku kakak saya yang saya baca. dari bukunya saja sudah pasti isinya tentang pecun. buat yang belom tau pecun, pecun itu artinya perek culun. perek yang masih muda nan belia.

buku ini bercerita tentang aktivitas pecun yang mangkal di jalan mahakam jakarta. sebenernya cerita dari novel ini ringan banget. berhubung saya lagi males baca yang berat2, ya udah saya lahap buku itu penuh nafsu. kembali ke topik, pemeran utama di novel ini adalah seorang pecun yang bernama melody. ni cewek merupakan cewek paporit di sekitaran mahakam. buat yang mau booking dia harus ngantri sampe seminggu dulu. di lain sisi, si melody adalah seorang cewek SMA yang nama aslinya adalah oditta. dia punya pacar namanya damar, tingal sama budenya karena klo dirumah dia selalu ribut sama orang tuanya. dan semua orang yang disayanginya gak tau klo dia adalah pecun.

80% dari novel ini tidak menceritakan tentang konflik yang dialami oditta atau melody. tapi malah menceritakan kisah2 seputaran pecun2. antara lain ada cerita tentang cewek yang jadi pecun gara2 diperkosa, ada juga yang jadi pecun gara2 ibunya sakit sedanggak ayahnya sudah meninggal, ada juga cerita tentang cewek yang pengen jadi pecun cuma gara2 ketagihan sama yang namanya sex, ada juga yang pengen punya gaya hidup glamour, sehinga dia memilih jalan pintas menjadi pecun. selain itu juga mengisahkan para germo yang sok berpendidikan, sampai nge”briefing” pecun2nya pake bahasa para elit politik yang belum dia ngerti.

konflik terjadi ketika oditta lulus SMA dan mulai sadar dan bosen dengan kehidupan pecun mahakam. dia pertama mengadu kepada budenya. beruntunglah budenya itu pengertian dan sabar. dia pun membimbing oditta ke jalan yang benar (halah…) lalu orang tuanya diberi tahu dan disadarkan oleh sang bude bahwa cara mendidiknya yang selama ini terlalu memaksakan dan otoriter dan salah, sehinga membuat anaknya menjadi seperti itu.

jadi sebenernya inti dari novel ini menurut saya bukan terletak pada konflik oditta atau melody, tapi pada berbagai macam latar belakang pecun2 di mahakam. bagaimana mereka jadi pecun, suka duka jadi pecun, dll. overall ni novel biasa aja. tapi bolehlah sebagai bacaan2 ringan

10 Responses to “PECUN MAHAKAM”

  1. quelopi Says:

    wow….. harus antre?

    tak disangka-sangka

  2. elyswelt Says:

    berdasar kisah nyata nggak novel ini ?
    baru tahu arti pecun yang sebenarnya dari postingan ini :D

  3. mahma mahendra Says:

    @quelupi:
    katanya si gitu, ga tau benerna gimana… .

    @elyswelt:
    g tau tuh. kataknya si bukan, cuma settingnya aja yang nyata.hehehe… .

  4. gempur Says:

    la kok saya malah tertarik pengen tau, mana mahakam itu ya? wakakakakakaka

    *mode pengen nyoba ON*

  5. mahma mahendra Says:

    @pak gempur:
    di daerah jakarta pak, mahakam tu nama jalan. jangan nyoba pak, ntar ketagihan.hehehe… .

  6. Edi Psw Says:

    Berarti pecun itu gampang dibujuki ya?

  7. stopgoblog Says:

    wah bagus itu. teruskan. (niru mbah din)

  8. teguh Says:

    bukunya sulit di dapet. padahal buat bahan skripsi. low ada kirimin conten bukunya dong. tinggal 3 hari lagi nih

  9. Bakoel Boekoe Says:

    buku pecun mahakam masih tersedia di Bakoel Boekoe ……..kunjungi : http://bakoelboekoe.tokopedia.com

  10. lanaazkia Says:

    saya nemu buku ini malah di puskot. @_@


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: