ANOTHER STORY OF MY COUNTRY… .

saya punya temen yang sekarang kerja menjadi salah seorang pegawai negeri sipil di salah satu pulau di indonesia. cerita dimulai ketika dia akan melakukan tugas luar kota ke jakarta.

dia berangkat ke jakarta hari jumat. sebelum berangkat tentu dia harus lapor dulu ke atasannya. lalu dia ditanya oleh atasannya, “nginep dimana kamu disana?”. teman saya bilang dengan lugunya “saya mau nginep di tempat temen saya aja pak”. atasannya kaget, “lho jangan, km nginep aja di hotel, kan ada dananya. km nginep sehari aja di hotel, ntar km minta ke resepsionisnya bill-nya suruh tulis nginep 2 hari. kamu kasi uang rokok aja kan da beres tuh”. teman saya bingung dengan lugunya… .(gimana bingung dengan lugunya???).

akhirnya berangkatlah teman saya itu ke jakarta. hari jumat sabtu minggu dia menginap di tempat temen saya. akhirnya hari senin siang setelah urusan dengan kantor jakarta selesai dia langsung check in ke hotel.

di hotel dia dengan malu2 meminta petugas untuk meng-“utak atik” bill hotel. tapi apa yang terjadi? sang petugas rupanya telah mengerti apa yang dimaksudkan teman saya.

awalnya teman saya mengira dia cuma tambah hari aja dengan harga yang sama trus tinggal ngasi duit, slesei masalah. tapi ternyata gak seperti itu, sang petugas hotel malah ngajari temen saya itu. Dia bilang untuk “hal seperti ini” ada “biaya administrasi” sebesar 15 % dari harga aslinya. Hahaha…. ternyata hal seperti ini juga ada sistemnya, ada biaya administrasinya lagi. Tarif hotel yang semula cuma 225ribu/malam. Telah berubah menjadi 264ribu/malam, hasilnya 2 malam menjadi 528ribu.si petugas malah nyaranin bill-nya sebesar 750ribu. Dan dengan lugunya lagi teman saya hanya meminta yang 528ribu.

korupsi.gifMemang parah budaya korupsi di indonesia tuh ya… . Gimana g mau korupsi coba. Orang yang jujur aja dimarahin klo duit tugas luar kotanya gak abis, pokoknya duit itu gak bole kembali. Klo bisa malah kurang2 duitnya, jadi minta lagi. Belum lagi sistem yang mendukung, seperti hotel yang saya ceritakan diatas.

Gimana indonesia mau bebas dari korupsi klo orang,sistem, dan kondisi masi seperti ini… .

9 Responses to “ANOTHER STORY OF MY COUNTRY… .”

  1. Anang Says:

    semoga indonesia lekas bangkittt

  2. Bledex Says:

    Masih inget waktu ngerjain SPJ kan, Mah?
    seringkali kan kita “diajari” untuk menyiasati keuangan kegiatan oleh bapak-bapak dan ibu-ibu dari administrasi?

    yah mudah-mudahan aja kita masih dikuatkan dan diteguhkan untuk tidak melakukan hal-hal seperti itu
    sehingga nanti saat kita-kita yang menjadi bapak-bapak dan ibu-ibu diatas, kita tidak melakukan hal yang sama…
    AMIEN

  3. andi bagus Says:

    no corruption more in this country..

  4. mahma mahendra Says:

    @anang n cempluk:
    yah… . semoga kondisi ini lekas berubah

    @bledex:
    hahaha… iya ya. sejak sma waktu saya menjadi pengurus osis saja saya sudah diajari untuk menghabiskan jatah anggaran yang dikasi sekolah. trus yang lebih aneh lagi waktu kuliah jadi pengurus himpunan saya harus buat laporan pertanggung jawaban kegiatan agar duitnya bisa cair. padahal kegiatan tersebut belum dilakukan. wahh… ternyata negri ini lebih parah lagi.sejak sekolah aja sudah diajari korupsehhh… .

  5. aRuL Says:

    kampus juga harus bebas doang kayak ginian😀

  6. mahma mahendra Says:

    @aRuL:
    hahaha… . harusnya gitu, tapi… .

  7. amusing fact Says:

    Wish i had the talent to write such posts.

  8. alief Says:

    bikin Kaleidoskop-Blog™ yuk… Liat contohnya di
    http://alief.wordpress.com/🙂

  9. dwi Says:

    mahma, setuju bgt dengan apa yg kmu tulis.
    katanya klo qt pgn ngrubah sistem dll tsb, qt msti masuk ke dlm sistem tsb. tp mslhnya kbnyakn dr qt stlah masuk malah ikut2an, bukane merubahnya.
    nah lho…
    kyake orangny yg mesti di benerin dulu sblm masuk ke sistem tsb… (halah aq ko ceramah, y?..)
    piss, man.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: