PAK HARTO MENINGGAL, PANTASKAH PENGHORMATAN TERAKHIR UNTUKNYA?

soeharto.jpg

Setelah dirawat di rumah sakit pertamina pusat selama 24 hari. Akhirnya pak harto meninggal dunia pada tanggal 27 januari 2008 pukul 13.10 WIB. Dan pemerintah menetapkan hari berkabung nasional selama 7 hari. Melihat liputan dari televisi yang gencar tentang pak harto, menunjukkan kalau pak harto masih menjadi sumber berita yang layak tayang dan menunjukkan bahwa pak harto masih dihormati masyarakat.

Benarkah pak harto masih layak untuk dihormati? Anak seorang petani di solo ini tergolong politisi yang lihai dan disegani kawan dan lawan. Bahkan sampai saat2 menjelang kematiannya pun pak harto masih dijenguk oleh mantan2 bawahannya waktu beliau masih menjadi penguasa orde baru. Ini membuktikan bahwa beliau masih dihormati kawan2nya. Dan banyak pula lawan politiknya yang memuji kelihaian beliau dalam berpolitik. Dalam suatu saat sri bintang pamungkas pernah berkata bahwa saat pak harto menyatakan berhenti dari jabatan presiden beliau berhenti di saat yang tepat, karena saat itu reformasi belum mempunyai konsep kepemimpinan yang tepat kalau soeharto lengser. Hal2 seperti ini menunjukkan bahwa pak harto memang seorang politisi handal.Bukan hanya secara politis saja, pada masa pemerintahannya, pak harto mengutamakan kemajuan perekonomian. Terbukti dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Pada tahun 80-an indonesia mampu menjadi negara swa sembada pangan, dan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi sekitar 7,8%. Bahkan sekarangpun kalau kita tanya ke para petani,tukang becak,kuli bangunan, dan rakyat kecil lainnya. Mereka pasti lebih senang dipimpin pak harto, karena kehidupan mereka jauh lebih baik dari sekarang.

Selain itu stabilitas nasional cukup terjaga dengan baik. Bayangkan selama lebih dari 3 dekade kepemimpinannya sangat jarang sekali kita dengar demonstrasi dan kerusuhan di bumi kita indonesia ini.

Namun dibalik semua itu banyak sekali kebusukan2 yang terjadi selama pemerintahannya. Pada saat itu stabilitas nasional bisa tercipta, namun bagaimana terciptanya. Rupanya stabilitas nasional dicapai dengan pembungkaman2, dan tak jarang juga dengan kekerasan tentunya. Bisa kita lihat di aceh, timor timur yang sekarang menjadi negara sendiri, peristiwa malari tahun 70an, dan yang paling kita ingat adalah peristiwa mei 98 yang menewaskan beberapa mahasiswa trisakti.

Tak hanya itu pembungkaman2 juga terjadi di kampus dengan adanya NKK/BKK (normalisasi keadaan kampus/badan koordinasi kampus) pada tahun 70an. Dimana kampus dijauhkan dari kegiatan politik dan mahasiswa hanya boleh belajar. Selain itu pembungkaman juga terjadi pada dunia pers. Dimana pemerintah berhak membredel pers yang membangkang. Tempo adalah salah satu korban pembungkaman pers pada masa orde baru.

Selain itu cara yang dia gunakan untuk melanggengkan kekuasaannya adalah dengan hanya membatasi 3 partai peserta pemilu yaitu hanya PPP,GOLKAR,PDI. Dimana hal ini mencerminkan betapa tidak demokratisnya pak harto.

Dan dalam hal ekonomi ternyata pertumbuhan yang tertulis diatas hanya semu belaka. Di sisi lain keberhasilan ekonomi yang sangat brilian, ternyata diiringi juga dengan korupsi yang gila2an. Tidak tanggung2 korupsi mencapai 30%. Selain itu kecintaan pak harto pada anak2nya membuat semua kegiatan ekonomi yang strategis di berbagai bidang dikuasai oleh anak2 pak harto. Dan dengan kekuasaan ayahnya tentu saja anak2 pak harto dengan mudah menguasai bisnis di indonesia.

Pada saat dunia mengalami resesi besar2an tahun 90an. Indonesia mengalami guncangan hebat pula. Dan karena banyaknya korupsi dalam tubuh pemerintahannya maka kondisi perekonomian susah untuk bangkit. Akhirnya solusi yang dicapai adalah hutang besar2an. Dan sekarang inilah hasil yang kita nikmati, hutang negara yang bertumpuk.
Dan yang paling utama dan misterius sampai sekarang adalah bagaimana pak harto meraih tampuk pimpinan sebagai presiden menggantikan bung karno. Seperti kita tahu sendiri setelah pemberontakan G30S/PKI berlangsung dan turunnya SUPERSEMAR pak harto bertindak bak seorang presiden melebihi bung karno sang presiden sendiri waktu itu. Yang jadi pertanyaan adalah benarkah G30S/PKI memang benar2 pemberontakan yang dilancarkan oleh PKI. Atau pak harto mengambil keuntungan dari peristiwa tersebut? Lalu tentang keberadaan SUPERSEMAR, dimana sampai sekarang tidak ada yang tahu keberadaannya. Yang tahu hanya pak harto dan ketiga jendral yang membawa SUPERSEMAR itu sendiri. Dan tentunya bung karno sebagai penanda tangan SUPERSEMAR tersebut. Sekarang semua orang yang terkait dengan SUPERSEMAR sudah tiada, bagaimana kita tahu kebenarannya?

Dari paparan diatas pantaskah pak harto dihormati?

7 Responses to “PAK HARTO MENINGGAL, PANTASKAH PENGHORMATAN TERAKHIR UNTUKNYA?”

  1. Gempur Says:

    Selaku manusia yang punya hati, saya katakan dengan tegas, beliau layak dihormati tanpa berlebihan seperti media yang mabuk muntah mengeksploitasinya…

    Selaku manusia pula yang butuh contoh dan teladan keadilan ditegakkan, maka sepantasnya proses peradilan dilanjutkan.. untuk mengusut harta soeharto yang belum kembali pada rakyat..

    Usut habis para kroni yang memanfaatkan kuasa Soeharto untuk mengeruk keuntungan pribadi..

  2. siko Says:

    Dari paparan di atas, kesimpulannya adalah jikalau soeharto mati maka ya harus dikubur dengan baik layaknya manusia yang lain. Soal dihormati atau tidak tergantung siapa dulu orangnya, bagi mereka yang pernah diuntungkan soeharto pasti akan menghormati bahkan sambil memuji-muji setinggi langit. Sebaliknya bagi yang pernah dirugikan soeharto kebanyakan ya memaki-maki dan misuh-misuh. Sedangkan bagi rakyat biasa seperti aku ini, kematiannya menyisakan tanda tanya, layakkah aku menghormatinya? Apa yang pantas dihormati darinya?Tuhan ampunilah dosaku karena aku tidak ikut2an memaafkan harto.

    • eric Says:

      astagfrlah,,,anda ini manusia laknat!!!!! sedangkan tuhan pun memafkan ahmbaz bagimanapun besar dosax,,knpa anda sebagi hamba seperti hati iblis,,,neraka jahanlah tempat mu

  3. Zee Says:

    Menurut sy, tentu saja layak dihormati.
    Siapapun manusia itu, tdk ada yg berhak mengatakan dia layak ato tidak layak kecuali oleh Yang Di Atas.
    Terlepas dr kejadian yg telah lewat, beliau adalah mantan presiden ke-2 kita & ternyata ketika ia pergi begitu byk org yg sedih & berdoa utknya.
    Utk kasusnya, tentu saja tetep hrs diusut sampai tuntas agar jelas dan terbukti klo emg Pak Harto bersalah.

  4. ki_panjikusmin Says:

    luar biasa dan keterlaluan itulah kata yg tepat untuk menggambar siapa itu pak harto, disatu sisi dia bisa jd dewa yang diagung2kan disisi lain dia bisa jadi malaikat pencabut nyawa yg begitu ditakuti. mau diakui atau tidak doi sudah terlanjur menjadi bagian terpenting dari perjalanan ibu pertiwi dan sekarang pak harto hanyalah sebuah sejarah. klo menilik kutipan alexander agung sejarah ibarat pisau bermata dua klo kita salah memaknainya akan menjadi petaka. bangsa yang besar akan selamat bila bisa belajar dari sejarahnya . so akan menjadi tidak bermakna dan sangat mubazir jika kita hanya bisa memaknai sejarah pak harto cuman dengan kata menghargai atau memaafkan. ada lebih banyak lagi pelajaran yang dpt kita petik bila kita mau menelisik sisi terdalam pak harto. dan pastinya bila kita lebih bisa cerdas dalam mencermati sejarah pak harto kata maaf dan rasa menghargai itu akan tumbuh dengan sendirinya. saya percaya dan yakin bila skr pak harto ditanya apa yg diharapkan setelah dia wafat bukan kata maaf atau penghormatan yg dia minta tapi kemauan dari seluruh rakyat indonesia untuk mau belajar dari sejarah yang telah dia tinggalkan.tak selamanya hitam itu kelam dan tak selamanya putih itu bersih.
    SELAMAT JALAN JENDRAL, SMOGA SENYUMMU ABADI DISISI TUHAN

  5. esti Says:

    sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Pengampun, tidak selayaknya kita tidak memaafkan pak harto, Tuhan saja Maha Pengampun, kenapa kita tidak?
    bagaimanapun keadaannya pak harto telah berjasa besar untuk negeri ini. Tidakkah kita ingat keberhasilannya untuk swa sembada pangan di era 80an di salah satu wawancara mengenang pak harto, salah seorang rekannya mengatakan setiap ketemu selalu ditanya “sekarang harga beras berapa” dijawab “5000”
    “wah kasihan rakyat, berarti gagal dong swa sembada pangan yang saya canangkan”
    nah ini menandakan betapa besarnya perhatian pak harto kepada rakyat, mungkin sebenarnya pak harto baik namun para bawahanya itu yang turut menangguk untung untuk memperkaya diri sendiri. Wallahu alam bi sawab. Hanya Tuhan yang Maha Tahu dan yang berhak menentukan. Selamat jalan Pak Harto, semoga Bapak tenang di alam sana. Diampuni segala dosanya, bagi yang ditinggalkan segera dibuka hatinya, untuk bisa menerima proses hukum yang berguna untuk meringankan beban pak harto dialam sana. Amin

  6. agoenx.... Says:

    bang…
    menungso nek mati sopo ae kudu dihormati……
    nek urip tuntuten ampe mati yo gak popo……


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: