PERBEDAAN SOEKARNO DAN SOEHARTO MENJELANG AJAL

tulisan ini saya copy dari sini, hanya sekedar menyebarluaskan

Catatan:
Asvi Warman AdamTanggal 12 Januari 2008 pukul 09.44 di Cendana, Ismail Saleh membagikan fotokopi tulisannya yang dimuat pada harian Pelita berjudul Marilah Kita Bangsa Indonesia Wujudkan Petuah: Mikul Dhuwur Mendhem Jero. Di dalam artikel yang ditulis mantan Jaksa Agung era Orde Baru itu dikatakan bahwa Soeharto mengagungkan nama Soekarno dan mengubur dalam-dalam kesalahan Bung Karno.

Betulkah Soeharto melaksanakan prinsip menghormati orang yang lebih tua itu dalam kasus upaya pengadilan terhadap mantan Presiden Soekarno dan lebih-lebih dalam perawatan sang proklamator? Presiden Soekarno tidak dibawa ke pengadilan dengan alasan yang sangat strategis. Kalau dia disidangkan, tentu akan timbul protes dari para pendukung Bung Karno yang masih banyak. Di samping itu, pengadilan bisa membebaskannya karena tidak cukup bukti dia terlibat dalam upaya kudeta yang janggal itu.

Sementara itu, perawatan yang diberikan kepada Presiden Soekarno betul-betul tidak manusiawi. Bagai bumi dengan langit bila dibandingkan dengan perawatan sempurna yang diterima orang kuat Orde Baru itu. Selama 10 kali mengalami masalah kesehatan sejak berhenti jadi presiden pada 1998, Soeharto betul-betul memperoleh perhatian medis yang luar biasa.

soeharto.jpgJenderal besar Soeharto dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina pada ruang 536 yang seakan-akan sudah menjadi ruang khusus perawatan presiden. Bukan hanya dokter kepresidenan, tetapi juga dokter ahli lain dikerahkan sehingga sampai berjumlah puluhan orang. Maka, berdatanganlah para selebriti pemerintahan, dari mantan pejabat era Orde Baru sampai kepada presiden dan wakilnya. Awal Januari 2008 ketika Soeharto kembali masuk rumah sakit, dia memperoleh perhatian yang luar biasa dari kru televisi yang berbondong-bondong menunggu pengumuman hasil kesehatan setiap hari dan malam.

Berita medis itu berfluktuasi, kesehatan Soeharto menurun, membaik, membaik dari pagi tadi tetapi masih kritis, gawat tetapi masih bisa diatasi, tergantung dari alat-alat bantu. Bahkan, Menteri Kesehatan yang entah terselip lidah mengatakan bahwa Soeharto mengalami kehidupan semu karena fungsi-fungsi organ tubuhnya saat ini digantikan oleh mesin.

Perawatan Bung Karno

Soekarno pernah mengalami gangguan ginjal dan pernahsoekarno.jpg dirawat di Wina pada 1961 dan 1964. Prof Dr K. Fellinger menyarankan agar ginjal kiri tersebut diangkat saja. Bung Karno menjawab, “Nanti saja, ik moet mijn taak afronde (Saya harus menyelesaikan tugas saja). Tugas yang belum selesai itu adalah mengembalikan Irian Barat ke pangkuan RI. Pada masa selanjutnya, pengobatan dengan ramuan tradisional Tiongkok/akupunktur diberikan dokter dari RRT.

Pada 4 Agustus 1965 terjadi suatu peristiwa yang ikut memicu pecahnya Gerakan 30 September, yaitu sakitnya Bung Karno. Beredar rumor bahwa Soekarno pingsan dan mengalami koma. Sebetulnya yang terjadi, Bung Karno mengalami TIA (transient ischaemic attack), yaitu stroke ringan akibat penyempitan sesaat (spasme) pada pembuluh darah otak. Bukan stroke karena perdarahan atau adanya bekuan darah dalam pembuluh darah otak. Dokter meminta Soekarno berbaring di kamar. Para dokter menyarankan agar dia tidak usah berpidato pada 17 Agustus 1965 karena kondisi kesehatannya belum pulih. Seandainya dia berpidato, jangan lebih dari satu jam. Ternyata Presiden Soekarno berpidato lebih dari satu jam dan untungnya tidak terjadi apa-apa.

Awal 1969, Soekarno pindah dalam status bisa dikatakan “tahanan rumah” ke Wisma Yaso di Jalan Gatot Subroto (sekarang Museum Satria Mandala). Sementara itu, presiden RI pertama itu terus diperiksa oleh Kopkamtib. Setelah sakit Soekarno makin parah, barulah Soeharto memerintahkan menghentikan interogasi.

Soekarno mendapat perawatan reguler seperti di rumah sakit biasa, dalam arti diukur suhu badan dan tekanan darah beberapa kali dalam sehari serta jumlah air kencing selama 24 jam. Pernah ada pemeriksaan rontgen. Tidak diberikan diet khusus seperti yang dilakukan terhadap pasien gangguan ginjal. Ketika kondisi Bung Karno kritis, Prof Mahar Mardjono sempat menceritakan kepada Dr Kartono Mohammad bahwa obat yang diresepkannya disimpan saja di laci oleh “dokter yang berpangkat tinggi”.

Hanya Diberi Vitamin

Menurut catatan perawat di Wisma Yaso, obat yang diberikan kepada Soekarno adalah vitamin B 12, vitamin B kompleks, Duvadilan, dan Royal Jelly (yang sebenarnya madu). Duvadilan adalah obat untuk mengurangi penyempitan pembuluh darah periferi. Kalau sakit kepala diberi novalgin, sekali-sekali kalau sulit tidur, Soekarno diberi tablet valium.

Ketika tekanan darahnya relatif tinggi, 170/100, tidak diberikan obat untuk menurunkannya. Juga tidak tercatat obat untuk melancarkan kencing ketika terjadi pembengkakan. Bung Karno telah ditelantarkan.

Pada 22 Mei 2006 bersama dr Kartono Mohammad, saya berkunjung ke rumah Rachmawati Soekarnoputri di Jalan Jatipadang, Jakarta Selatan. Rachmawati bercerita tentang dr Suroyo adalah seorang dokter dari dinas kesehatan Angkatan Darat berpangkat kapten (kemudian mayor) yang ditempatkan di Istana menjelang 1965.

Menurut Rachmawati, dr Suroyo inilah yang biasanya merawat hewan-hewan yang ada di Istana Merdeka. Yang aneh pula, urine Soekarno diperiksa pada laboratorim Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor. Entah tidak ada laboratorium yang lain waktu itu di Jakarta. Kami sempat melihat surat dari Pangdam Siliwangi Mayjen HR. Dharsono yang melarang seluruh warga Jawa Barat mengunjungi atau dikunjungi Soekarno. Selain itu, ada surat dari Pangdam Jaya Amir Machmud yang menetapkan bahwa seluruh dokter yang akan mengunjungi Bung Karno harus sepengetahuan dan didampingi dr Kapten Suroyo.

Ketika kesehatan Soekarno semakin kritis, pipinya terlihat bengkak, gejala pasien gagal ginjal. Guruh dan Rachmawati sempat memotret ayahnya. Foto itu sempat beredar pada pers asing. Guruh dan Rachmawati kontan diinterogasi di markas CPM Guntur, Jakarta.

Kenyataan yang tidak banyak diketahui masyarakat tentang kondisi kesehatan dan perawatan Bung Karno sengaja dikemukakan di sini, sungguhpun teramat pahit, bukanlah untuk memelihara dendam. Ini demi menuruti pandangan beliau agar kita “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”. Bangsa ini perlu belajar dan memetik hikmah dari sejarah masa lampau agar lebih arif dan proporsional dalam menyikapi persoalan hari ini.

(Dr Asvi Warman Adam, ahli peneliti utama LIPI)

46 Responses to “PERBEDAAN SOEKARNO DAN SOEHARTO MENJELANG AJAL”

  1. STR gak login Says:

    Militer memang sialan!! Bubarin aja militeri cetakan perwira kayak Pak Harto!! Juh!!

  2. rizkabrian Says:

    Pertamax,
    Dari urutannya riwayat kesehatan memang beda,
    tapi mereka sama,
    naik tahta bagai pahlawan,dielu-elukan,
    dan turun dihujat bagai pecundang

    • putra fajar Says:

      apa kesalahan yang di lakukan soekarno kpd bangsa ini…..dan apa yang telah di perbuat anda untuk bangsa ini…kritik boleh bung asal sesuai fakta…buka buku sejarah…..inikah balasan putra bangsa kpd pahlwannya???

  3. mahma mahendra Says:

    @STR:
    wah gak pake emosi bozz. ungkapkan dengan kepala dingin.hehehe… .

    @rizkabrian:
    secara gamblang memang persmaan itu enar. tapi apa benar sama dibalik itu semua?

  4. Robert Manurung Says:

    Rachmawati Soekarnoputri bilang : Bung Karno dibunuh secara perlahan-lahan oleh rezim Soeharto.

    Kendati begitu, Sebagai bangsa yang beradab, sudah sepantasnya kita mengucapkan selamat jalan kepada Soeharto, tapi sambil juga mengenang saudara-saudara kita yang bernasib malang, yang mati terbunuh akibat kekejaman rezim Soeharto sendiri.

    Bagi yang berminat, aku menulis tiga artikel terkait dengan topik ini.

    Termasuk mempertanyakan pidato belasungkawa Presien SBY yang secara implisit menyebut Soeharto sebagai Pahlawan Bangsa.

    Baca disini :
    http://ayomerdeka.wordpress.com/

  5. Mardies Says:

    Bedanya Pak Harto lebih panjang umur. Mungkin tekanan batin Pak Karno lebih tinggi.

  6. Zee Says:

    Itu dia, sejarah lama memang selalu ditutup2i. Akhirnya qt sekarang bingung, apakah buku sejarah yg qt pelajari wkt sd smp dulu itu benar atau rekayasa? Dan siapa yg bs memastikan yg mana yg benar klo semua pihak punya saksi & pendukung?
    Kalopun ini benar, alangkah sedihnya nasib Bung Karno, & wajarlah bila anak2nya mendendam hingga tdk mau melayat Pak Harto.
    Perbedaan perlakuan terjadi krn pemimpin kita jg sdh beda. Presiden kita yg baru ini lbh tenggang rasa & lbh pny rasa kemanusiaan shg tdk merasa perlu memendam dendam masa lalu dgn membalas perlakuan itu.
    Semoga semua ini benar2 jd pelajaran utk negara ini ke depan.

  7. Fajar Rohita Says:

    Tidak ada dan tidak perlu dendam ..kita hanya ingin meluruskan sejarah bangsa..sehingga kita bisa segera mengetahui apa yg sesungguhnya terjadi.

    Dengan demikian bangsa bisa belajar dari sejarah itu sendiri dengan bijaksana, dan tidak perlu menunggu “Pemutaran OtoBiografi” dari setiap Manusia di “Hari Kemudian”..dimana yg akan bersaksi adalah tubuh kita sendiri, dan semua sudah terlambat…

    Fajar Rohita

  8. gempur Says:

    yo wis lah! bangsa ini kan bangsa yang baik dan suka memaafkan.. ya udah dimaafkan sajalah.. dari pada mangkel dhewe.. diikhlaskan aja… setuju gak?

  9. mahma mahendra Says:

    @robert:
    saya baca artikel anda. bagus… .

    @mardies:
    tekanan batin itu disebabkan oleh… .

    @zee:
    pemimpin kita sekarang tenggang rasa atau takut???

    @pak gempur:
    nyerah akhirnya pak? ato lebih suka mikir pertanian?hehehe… .

  10. Anas Says:

    Mungkin itu alasannya kenapa keluarga besar pak karno mengatakan sampai kapan pun tidak akan memaafkan Alm. Soeharto.
    wah.. wah.. wah.. yang lalu biarlah berlalu.. kita ambil hikmahnya.. Tuhan aja maha pemaaf. Masak kita tidak? Mengenai proses hukum, tetap harus diadili..

  11. mbahsangkil Says:

    porgip but not porget [niru kata-kata musisi mbeling]

  12. rumah tongkol Says:

    bung karno …20 thn jadi presiden….
    pak harto 32 tahun…jadi presiden

    hasilnya nyata2 beda ….kemakmuran jauh lebih baik pak harto…kemajuan….jauh lebih oke pak harto….masalah proses kematian ya…itulah politik ……kalo mau matinya oke..baik2 saja…jangan ikutan politik n jahat lah ma orang….
    bung karno sendiri dengan lawan politiknya kan juga gak baik….gimana proses meninggalnya sahrir,…orang juga ga ada yang cerita….

    yah sama aja podo wae….

    tapi kalo aku lebih ngerasa lebih enak di pimpin suharto….enak….murah meriah nyamann,,,,nyam…nyammm….

    masalah utang …siapapun presiden disini juga punya utang
    tapi yang penting rasa kepemimpinan….aman stabil ya pak harto laaaahhh,…..

    mau korupsi kek…kkn kek gak pedulu yang penting orang susah bisa sekolah….beli minyak tanah murah….beras ada…..

    hidup pak harto….semoga amal dan perjuangannya …..selalu ku kenang sepanjang masa….

    hidup bapak pembangunan….desa saya ada listriknya…jalan tol bikin gampang….saya dapet beasiswa….

    • merdeka Says:

      orang bodohhhhh…
      egois statusmu gan, kmu meremehkan utang negara.yg suatu saat psti akan ditanggung entah itu dr anak cucu kita.
      LoLLLLLLLL….

      • KIE KIE Says:

        Haha pemimpin koruptor d dukung y jd sperti skrang ni indonesia pada koruptor smua.enaknya jaman dulu tapi dampaknya sekarang iki bos….. ngakak bos,kwkwkwkngopi sek ben g salah paham.

      • Tukang Mabok Says:

        Ya inilah contoh orang kampung bodoh dan toLoL. Punya otak gka dipake maklum dikampung gak ada sarana pendidikan, jadinya Goblok. Orang gobLok aja gak kaya gini komennya.

    • putri Says:

      Sungguh para penghianat bangsa, apa yg di lakukan suharto untuk kepentingan pribadi agar jabatan n nama baiknya tetap bersih bukan untuk kepentingan bangsa. . .
      Klo emang suharto untuk kepentingan bangsa, knpa dia harus memperkaya diri srndiri. . .
      Bahkan rela negara ini dironggrong utang, sedangkan dis sendiri uang’a untuk foya” anak”a. . .
      Sungguh bodoh n gx punya rasa nasionalis anda. . .

  13. ki_panjikusmin Says:

    pesamaan pak harto & pak karno:
    1. sama2 diktator pak karno dengan demokrasi terpimpin , pak harto dengan demokrasi militeristik
    2. sama2 masuk dalam 5 besar pemimpin dunia yang paling lama bekuasa pak karno 20 th, pak harto 32 th
    3.sama2 lengser dengan digulingkan pak karno digulingkan oleh supersemar, pak harto oleh reformasi 98
    4.sama2 melepas jabatan presiden dengan serbuan hujatan
    5.sama2 meninggal dalam kepastian hukum yg menggantung

  14. mahma mahendra Says:

    @anas&mbah sangkil:
    sepakat lah… .

    @rumah tongkol:
    tampaknya anda seorang soehartois sejati yah… . yang pasti soekarno tidak se keji soeharto terhadap lawan politiknya. dan ada pak presiden yang gak berhutang. soekarno namanya. dia bahkan ingin bangsanya berdikari, berdiri diatas kaki sendiri. trus klo gak salah hutang presiden2 sekarang tuh warisan soeharto pak. kalaupun soeharto berkuasa 100 tahun lagi saya yakin negara kita makmur. dan efeknya adalah 100 tahun berikutnya pak. anak cucu kita yang menanggung hutang2 buat kemakmuran semu kita.

    @ki_panjikusmin:
    itulah kekuasaan. kalau kita sudah mabuk olehnya bisa bahaya… .

  15. dodot Says:

    saya harap sejarah yang sudah terendam “lumpur” masih bisa dikenali, mumpung orang yang bersangkutan sedang tidak berada ditempat

  16. mbah kangkung Says:

    piye2 jaman pak harto iku aman nyaman tentram murah sandang pangan pa2n bayang pun minyak tanah aja waktu itu dimana mana banyak yg jualan sangking melimpahnya koyok dodol banyu sangking akehe nggak seperti sekarang antri
    koyok emas hidup Soeharto

  17. riCKy Says:

    suatu saat sejarah akan mengungkap siapa yang sebenarnya seorang pejuang sejati

    BUNG KARNO is

  18. HAm Says:

    Sebenarnya Orang jawa sangat besar jiwanya untuk mengusai dan memimpin apapun caranya,bahkan saudara mereka korbankan asal mereka bisa lebih.

    Inilah wataknya,bahkan Sunan Kali jagapun pernah berpesan Orang jawa susah di percaya.Pdahal Sunan ini dari jawa.

  19. maulana Says:

    berdasarkan uraian di atas,jelas nampak mana yang lebih bersifat manusiawi!Soeharto bukan tandingannya Soekarno.Ilmu Soekarno lebih tinggi dari pada Soeharto.Bagaikan langit dan bumi.Heran,knp masih banyak manusia di Indonesia ini yang mengelu-elukan Soeharto ketimbang Soekarno?Soekarno is the best!

    • nefo Says:

      betul soekarno is the best …. sedih dan mau menangis kalo ada yg ngidolain soeharto … “raja” terparah dalam sejrah seantero nusantara …keji …….. kasian bung Karno… dan yg sya takut dosa soeharto harus dibayar oleh indonesia sekarang … maksudnya dosa vertikal (pada Tuhan)…bung karno nabinya indonesia pancasila agamanya ..

      • punk'in soekamty Says:

        inti nya bro apa kah anda sudah d lahir kan pada zaman soekarno atw blum??
        klu blum gak usah membandingkan soeharto dan soekarno
        mereka sm2 manusia yg penuh kekurangan dan kelebihan
        jd kalau cmn punya sejarah hanya 1gb gak usah kasih coment
        kasian mereka yg sudah meninggal ….. maaf bro bukan menggurui
        saya cmn menjalankan misi smua agama yg ad d indonesia aj

  20. lena Says:

    apapun alasannya soeharto emg pemimpin hebat yg di idolakan sbgian besar rakyat indonsia. bila disurvei pasti lebih banyk yg mencintai pak harto daripd yg menghujat. nah yg pastinya anak dari keturunan2 pki pasti tdk suka pak harto

  21. andy Says:

    soeharto anjing….!

    • Kumkum Says:

      Kita ngatai orang lain jahat tapi yang keluar dari mulut kita (anjing) maaf apa kata2 itu tdak lebih jahat

  22. gin Says:

    MEMANG BANGSAD SOEHARTO!!!
    ITU BENAR DIA MEMBUNUH SOEKARNO SECARA PERLAHAN-LAHAN!!!
    ORANG SAKIT GA BOLEH DI RAWAT SAMA DOKTER BAJINGAN MACEM APA LOE SOEHARTO TAI!!!
    GA ADA SOEKARNO GIMANA BISA LOE MERDEKA GOBLOK!!!
    DAH DUIT BOLEH KORUPSI SEMUA!!!
    SAMPE RIBUAN TRILIUN!!!
    BAJINGAN BIADAP!!!
    HIDUP BUNG KARNO!!!
    SEMOGA KELUARGA CENDANA TERKUTUK!!!
    SOEHARTO KALO HIDUP LAGI JADI BABI AJA!!!
    JANGAN JADI MANUSIA!!!
    KLO JADI MANUSIA LUMPUH,BUTA,IMPOTEN,MISKIN,JADI BAHAN SIKSAAN!!!
    BRENGSEK UDAH MIMPIN MATI NINGGALIN UTANG GOBLOK GOBLOK!!!
    SEMUA DUKUNG SOEHARTO KARENA DI SOGOK PAKE DUIT!!!
    SOEHARTO MANUSIA HARAM BIADAP!!!
    DUIT BOLEH KORUPSI!!!
    SOEHARTO KALO GA AD DUIT BAGAIMANA BISA MIMPIN!!!
    YANG MERDEKAIN INDONESIA AJA BUNG KARNO!!!
    SOEHARTO ENAK AMAT MAEN KUDETA AJA!!!
    ANJING LO BIADAP!!!
    KELUARGA CENDANA TERKUTUK!!!
    LU JENDERAL BINTANG 5 TAPI PALSU BOLEH NYOGOK!!!
    ANJING!!!
    MATI AJA LOE!!!
    KELUARAGA CENDANA!!!
    BAYAR UTANG ANJING!!!

  23. Kumkum Says:

    Tidak usah menghujat orang lain mari kita tunjukan kalo kita jadi pemimpin tidak akan seperti itu

    • roses Says:

      jangan asal ngomong aja cuy…
      buktikan klo pekataan lo itu benar….
      buktinya sampai pak Harto meninggal-
      gak ada satu pun bukti bahwa pak Harto bersalah…..
      pisss

      • punk'in soekamty Says:

        inilah ragam masyarakat negri kt tercinta bro
        alm bpk soeharto dan bung karno sdh meninggal
        jd g usah lah d persalah kan trus ksiaaann mereka
        biar lah tuhan yg mengatur smua ini bukan kt,,
        lagian bpk soeharto meninggal gak tersiksa banget dia meninggal dgn senyum nya yg has
        kami mendukung mu pak harto dan kami merindukan kedamaian mu

      • Feri Says:

        Haha. Belajar Baca buku sejarah lagi yg banyak mas

  24. Bobby Says:

    Sejarah mencatat bahwa Soeharto adalah seorang pemimpin yg diktator,
    pelanggar HAM,Koruptor,melaksanakan pembangunan di atas tanah rakyat tanpa ganti rugi,
    pembunuh misterius,
    semoga saja soeharta sekarang sedang menjerit-jerit di bakar api neraka.

  25. punk'in soekamty Says:

    sy berpikir wajar lah bpk soeharto mendapatkan perlakuan perawatan sperti itu
    sesuai dgn yg d hasil kan pada bangsa dan negara juga… maaf hanya bpk soeharto
    yg sy dpat kepemimpinan nya dan itu yg kt rasakan ,,
    tuk bpk soekarno sy blum bs ksih comentar soal nya sy blum d lahir kan

  26. Anti soe-harta Says:

    Yg blg “orang anti si anjing soe-harta itu anak2nya pki” itu pasti turunannya koruptor…mgkn kami yg anti soe-harta turunan pki tapi kalian2 pecinta soe-harta itu turunan iblis…!!!

  27. Sumfuck Says:

    Murah meriah ..apanya ia murah hasil ngemis2 utang luar negri bwt bngun indonesia ..sbagian di korupsi

  28. monggo sodok Says:

    Heran, masih ada aja yg pro soeharto padahal massa depan cucu mrk sudah dikebiri oleh pujaanya dgn hutang” yg ga tau kapan lunasnya… Kalo emang soeharto itu org benar, kenapa film g 30s pki skrg dilarang??? Itu kan artinya ada yg yg salah dengan soeharto… Logikanya dipake dong masss

  29. SOEkaHARTOlol Says:

    bray ane dulu pas sd baca cerita pki versi orba biasa aje,sekarang 25th baca ceritanya lagi kok krasa aneh&lucu abis yah,iq ane w129


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: