BANJIR JAKARTA

tendean1.jpgpasti tau banjir yang dialami jakarta beberapa minggu terakhir? ya banjir yang melumpuhkan semua kegiatan di jakarta. saking hebatnya tu banjur, istana negara aja sampai terendam. tau apa penyebabnya? katanya sih banjir kiriman dari bogor. disini ditulis pembelaan dari pemkot bogor klo banjir kiriman jakarta kecil sekali asalnya dari jakarta. lalu alasan yang kedua adalah kebiasaan buang sampah sembarangan. benarkah penyebab utamanya seperti itu? emang seberapa bengalnya sih penduduk jakarta sampai bikin sampah yang bisa bikin banjir?satu lagi pendapat gugur. trus ada yang bilang juga ini gara2 global warming. mana yang bener?


ternyata yang jadi penyebab utama setelah diusut adalah pembangunan kawasan elit di pinggiran pantai jakarta utara (yang ada di tipi itu lho, yang pembawa acaranya fenny rose) yang mereklamasi pantai dan menggunduli hutan bakau yang seharusnya berfungsi sebagai penahan air. bakau.jpgdan menurut info lagi, dulu hutan bakau di jakarta luasnya berkisar 1000 hektar, dan sekarang tinggal 200 hektar. padahal pada taon 80an waktu akan dilaksanakan pembangunan kawasan elit tersebut sudah di protes banyak pihak. tapi pembangunan tetap jalan.melihat fakta yang ada, pemprop jakarta malah berkilah disini dia bilang klo membuat hutan bakau bukan penyelesaian masalah, yang bisa nyelesein adalah reklamasi.waks… . reklamasi? berapa biaya lagi yang harus dikeluarkan. berapa kubik pasir lagi yang harus diuruk. pasti makan banyak biaya dan waktu. solusi yang mendesak saat ini adalah membuat hutan2 bakau sebagai penahan air. setelah ada uang berlebih baru direklamasi.

oh iya satu lagi saya baca juga, sebenarnya proyek di pantai utara jakarta sudah tidak direstui oleh kementrian lingkungan hidup tapi pemprop jakarta tetep ngotot aja pengen melaksanakan. hebat memang negara ini. dengan uang semua beres.tak peduli mau lingkungan rusak, tak peduli rakyat miskin kebanjiran. yang penting pejabat tenang, dan ada masukan uang… .

sumber inspirasi bisa dibaca , disini, dan disini, serta disini.

7 Responses to “BANJIR JAKARTA”

  1. win Says:

    hehehe…doain aja proyek banjir kanal timur bisa mengatasi problematika klasik banjir jakarta, ya posisi kita sekarang adalah pe-realisasi mimpi, jadi ya terus bergerak lah.. thanks

  2. ki_panjikusmin Says:

    ada satu lagi fakta menarik bro . BMG kita sebenarnya udah ngingetin pemprov jakarta pada bulan agustus 2007 kalo bakal ada hujan gede diawal taon 2008 tp dasar bego dikasih info malah ga ditangepin malah dianggep isu. blom berhenti sampe dsitu bulan desember 2007 lagi2 BMG ngingetin abang2 pemprov jkt buat segera menyiapkan segala macam cara buat menghadapi curah hujan yang ekstrim (90mm)pada bulan januari dan februari, eh malah sibuk ngurusin busway. sbnrnya klo orang2 Gubernur bisa dikit aja pake otaknya mungkin banijir djakarta ga akan sparah itu, sekarang liat aja ujan 90mm rata2 per hari sama dengan satu ujan rata2 bulanan kota jakarta gila ga tuh. klo aku pikir2 ni gubernur jakarta lagi asyik ngrawatin kumisnya ampe lupa klo rakyatnya lg tenggelam

  3. mahma mahendra Says:

    @ win:
    whaa… yang bikin banjir kanal timur nih. kapan selesainya pak? keburu tenggelam jakarta. hehehe… . namun proyek BKT bukan hanya satu2nya solusi pak. masih banyak yang harus dibenahi tuh. salah satunya adalah tata kota yang amburadul. dan ijin pembangunan yang sembarangan. terus bergerak pak!!!

    @ki_panjikusmin:
    hehehe… . sok pinter paling orang2 di pemprov jakarta tuh. dia merasa semua bidang dia tahu, makanya dicuekin. mungkin lulusan hidro informatika bisa membantu mengatasi banjir di jakarta. bukan begitu ki?

  4. stainless tanks Says:

    hujan bukan termasuk penyebab banjir… jangan salahkan iklim…
    banjir terjadi karena air hujan yang melimpas di permukaan lebih banyak darai pada air yang meresap… sehingga seluruh air yang melimpas akan masuk ke dalam sungai, maka badan sungai tidak mampu menampung lagi… maka terjadilah banjir,,,

    reboisasi itu penting,,, dengan banyaknya pohon maka air yang meresap kedalam tanah akan lebih banyak daripada air yang melimpas,,, sehingga banjir dapat dicegah….

    sekali lagi jangan salahkan iklim,,, salahkan manusia yang menghuni bumi ini….

  5. dukung deva Says:

    betul ituu jangan salahkan iklim banjir itu terjadi karena kita telah merusak alam contohnya seperti:
    1. membuang sampah sembarangan di selokan atau di sungai
    2. menebang pohon secara liar
    3. pernah membuang puntung rokok yang belum dimatikan di hutan (dll)

  6. Ali Rachman Says:

    Penyebab Banjir adalah Air yang tersumbat, salasatu contoh yang teramat mudah, saluran air kamar mandi kita tutup dengan handuk, sudah pasti toch akan banjir, begitu juga Jakarta, kalau semua sungai di Jakarta di keruk dan di lebarkan sedikit, saya kira banjir akan teratasi (maaf ini cuma orang awam) mungkin ada yang ahlinya !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: