petualangan di pulau sempu

minggu lalu saya pergi dengan kawan2 saya ke sebuah pulau di malang selatan. karena belum sempat menulis dan membuka blog maka baru saya ceritakan sekarang.

sempu adalah sebuah pulau di malang selatan yang letaknya kurang lebih 30 km dari kota malang. petualangan dimulai dari surabaya. saya dan teman2 saya (nanda, dedik,ato) berangkat naik motor ke rumah saya di malang. sampai di malang motor dititipkan dan kami melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum. kami naik bemo ke terminal gadang, lalu dilanjutkan dengan naik bis dan turun di pasar turen untuk ganti kendaraan. disini ada sebuah situasi yang kami pikir mungkin hal ini cuma ada di indonesia. jadi kami pikir inilah trully indonesia, klo malaysia mau ambil ya monggo.hahahaha… . situasinya adalah dimana kami harus naik ankutan desa semacam suzuki carry. berhubung angkutan hanya akan berangkat ketika penumpang penuh kami pun dengan setia menunggu sekitar 1 jam untuk menunggu penuh. kami pikir sih penuh dalam arti sebenarnya. tapi ternyata lain dari perkiraan kami. yang dimaksud penuh adalah penuh sesak.hehehe… . diantara jok mobil masih ditambah lagi semacam bangku panjang. jadi total dihitung ada 20 penumpang di mobil yang kecil itu. dan yang lebih aneh adalah di kursi depan diisi 4 orang sehingga si sopir menyupir dengan posisi miring, karena berhimpitan. penderitaan pun dimulai,sekitar 1 jam perjalanan kami terjepit di angkutan tersebut. namun sepertinya para penumpang sudah maklum dan terbiasa dengan situasi ini. berbeda dengan teman saya nanda yang apes karena mendapat jatah duduk di bangku tambahan, dengan badannya yang besar dan didukung dengan bangku yang kecil maka sering dai merasa tidak nyaman denganposisi duduknya.

akhirnya penderitaan berakhir, pantai sendang biru sebagai tujuan akhir menyambut kami. disana kami harus melapor ke departemen kehutanan untuk menyebrang dan camping disana. dengan ramah dan gagah bapak dari dep. kehutanan banyak bercerita tentang sempu dan memberi wejangan2 kepada kami. satu dua menit kami tahan lah, tapi kok semakin lama gak habis2 ceramahnya. lalu teman saya nanda langsung bertanya “pak berapa biayanya?” dengan sigap sang bapak langsung berkata 60 ribu mas. “biaya lapor” yang tidak kami anggarkan cukup mengagetkan kami. tak kurang akal teman saya si nanda berkilah bahwa kami ini datang untuk survey lokasi untuk penjelajahan pulau untuk mahasiswa its. dia bilang “bulan depan kami datang dengan 15 orang pak”. mendengar kata 15 orang mungkin membuat si bapak berpikir pendapatannya bisa bertambah. maka kami pun mendapat diskon 50%, jadilah kami membayar 30ribu. hehehe… .

saatnya naik perahu, setelah terjadi tawar menawar yang alot, dan gagal akhirnya kami pun berangkat dengan menyewa perahu sebesar 75 ribu rupiah (kata temen saya itu mahal). 15 menit perjalanan dengan perahu menjadi tak terasa karena kami disuguhi dengan pemandangan yang indah. akhirnya sampailah di pulau sempu. namun perjalanan belum berakhir. untuk melihat pemandangan yang lebih indah dan tempat camping yang bagus kami harus melanjutkan perjalanan menuju sisi lain pulau sempu yang menghadap ke samudra indonesia. perjalanan kaki pun dimulai, yang kata orang hanya menempuh perjalanan selama 1 jam, kami menempuh selama 1,5 jam (maklum pemula.hahahah… .) menyusuri hutan yang rindang dan teduh membuat kami bersemangat. tapi di tengah perjalanan capek mulai terasa,namun kami tetap berusaha berjalan. semangat kembali lagi ketika kita sudah menyusuri tebing yang berbatasan dengan laut, karena tempat tujuan sudah dekat.

akhirnya setelah 1,5 jam perjalanan kami sampai di tempat tujuan. kelelahan pun hilang berganti dengan ketakjuban atas ciptaan tuhan di pulau ini yaitu bule yang sedang berenang memakai bikini,hehehe… . tapi lebih takjub lagi melihat alam yang sangat indah. di satu sisi kita melihat bukit yang tinggi nan hijau, disisi lain kita melihat danau yang jernih dan biru. serta pasir yang putih tanpa kotoran dan terlihat karang yang berlubang ditembus ombak samudra indonesia. benar2 karunia tuhan yang sangat luar biasa.

setelah tenda dome dibuka, kami mengisi perut yang kosong dengan beberapa lembar roti yang kami bawa. akhirnya kami ganti kostum dan berenang tentu saja. sangat disayangkan malam harinya hujan jadi kami tidak bisa menikmati dinginnya alam di luar, kami terpaksa harus berada di dalam tenda dan mendekam sampai ketiduran. keesokannya cuaca mencadi sangat cerah, karena hujan telah membasuh langit menjadi biru kembali. kami pun kembali berenang dan menikmati alam di pulau sempu. setlah puas menikmati keindahan alam sempu, kami pun bersiap untuk packing barang2 kami. setelah siap kami pun berangkat menuju sisi pulau yang lain untuk menanti kapal kami menjemput. tapi perjalanan pulang ini lebih berat dari berangkat, karena malamnya hujan membuat medan menjadi licin dan berlumpur. berkali2 saya hampir terpeleset.teman2 saya pun banyak yang terpeleset, hanya si ato yang gak terpeleset, mungkin karena badannya yang kurus kering sehingga jadi ringan.hehehe….

akhirnya kami menyeberang keluar dari pulau sempu.ketika pulang tentunya kami naik angkutan yang penuh sesak itu. awalnya kami pikir modus operandinya berbeda karena ketika kami naik angkutan langsung berangkat. tapi ternyata ini lebih aneh dari waktu kita berangkat. jadi sistemnya adalah semacam antar jemput. tak kurang dari 3 kali kami bolak balik ke tempat pelelangan ikan dan pantai sendang biru, tempat kami naik. dia bolak balik karena penumpang ada yang minta dijemput 15 menit atau 30 menit. hahaha aneh ya? ini benar2 trully indonesia. dan setelah pas 20 orang, kami pun berangkat pulang.

perjalanan yang indah dan menyenangkan melihat alam yang begitu indah. semoga masih banyak hutan,pantai,gunung yang masih bersih, masih indah untuk dilihat dan belum tercemar maupun belum di eksploitasi.

40 Responses to “petualangan di pulau sempu”

  1. Sawali Tuhusetya Says:

    sungguh, setiap kali menyaksikan panorama semacam itu, saya selalu diingatkan betapa besarnya kekuasaan Allah, Sang Pencipta Alam Semesta beserta isinya. sebuah pemandanga yang menakjubkan meski harus melalui perjalanan yang rumit. selamat, mas magma! jadi kepingin sesekali bisa berkunjun ke pulau sempu.

  2. Ndoro Seten Says:

    siiip….
    setiap keindahan memang tidak bisa diukur dengan mahalnya segepok rupiah

  3. FAD Says:

    Wah bagus banget Pulaunya Mas…

  4. ndop Says:

    itu pulau baru ya?? kok ndak pernah tahu saya…

    *sik-sik.. tak iling-iling disik.. :???:*

    gak ada ide..

  5. Bledex Says:

    Subhanallah…

    kok gak ngajak2 awakmu mah…!!!
    aku yo pengen mrono…!!!

  6. mahma mahendra Says:

    @pak sawali:
    monggo pak, klo mo k sempu saya antar. asal kuat aja dempet2an di bemo.hahaha… .

    @ndoro seten:
    sepakat pak!!!

    @FAD:
    iya, bagus banget

    @ndop:
    dah lama kok, klo mo ksana tak anter wes… .

    @bledex:
    ngenteni koen mbalek mrene kesuen. tapi lek koen pingin mrono aq melu.hehehe…. .

  7. gempur Says:

    ah, besok-besok mo ke sana ah… ning karo sopo yo? anakku sik cilik… gak iso ditinggal.. hehehehe…

  8. Elys Welt Says:

    aduh .. fotonya cantik2 … baru tahu ttg pulau itu🙂

    thanks ya

  9. roichan Says:

    biasa.
    bagi fotone rek!

  10. sandi12 Says:

    Koyone kenal tendane?

    Ndang balekno
    (tolong ngomong nang mambo)

  11. arwahmonyet Says:

    wah… keliatannya emang keren banget disana…
    rencananya saya bkal kesana tanggal 2- 4 agustus…
    terima kasih infonya….
    oh iya salam kenal saya juga anak ITS

  12. liburan favorit « The Freedom of Words Says:

    […] tapi semuanya impas kalau sudah sampai di pantainya, cibang-cibung air, ngebakar ikan tuna, maen polo air (sampai temenku mau kelelep gara-gara gak sadar aku “jlep-jlep”kan kepalanya ke dalam air). mau pulang? dijamin males, tambah males kalo inget jalannya yang bikin capek… https://ma6ma.wordpress.com/2008/05/20/petualangan-di-pulau-sempu/ […]

  13. febri Says:

    wuaaaah..sempu emg dahsyaaattt!!
    q ud pernah kesana pas abis unas taun lalu..
    gak nyesel blasss..

    walopun kdu bersusah payah buat mencapai segoro anakan..
    walopun sempet ad tmen yg kecelakaan dan bikin semua rencana buyar..
    walopun ga sempet nginep krn harus balik dadakan gr2 tmn td yg cengeng abis..
    tp bnr2 sempu menyisakan bnyk kenangan dan keinginan buat kembali..

    saking terobsesi dan bangganya aq krn ud pernah kesempu..tiap aq ngbrol ama ank PA dr berbagai daerah q selalu menyarankan bwt kesempu..

    lg pas tugas speaking b.inggris dikelas q dsuruh pura2 promosiin daerah wisata dijogja,,tp q malah minta ama dosennya biar q promosiin sempu aj..
    daaaan,,skrg hasilnya temen2q pada menuntut bwt diajakin kesana..

    bsok setelah KRSan tgl0 feb,,insyaAllah q ma tmnq rombongan dr fakultas ekonomi ugm mau rame2 invasi kesempu..
    itung2 refreshing bis ujian yg bkin frustasi.
    ama perayaan IP tinggi .amiiin.
    tp brhubung ini rencana qt cwe2 yg sok kuat,,
    jd q ud mnt tolong 2org bolang asli malang bwt jd guide qt..
    dan qt msi seleksi bwt tmn2 cwo yg diajak.
    klo bs yg ga merusak pemandangan&kuat lair batin.hha

    ohh.seandainya qt berani.pengennya cm qt cwe2 aj..
    biar bs renang bebas pke tanktop ato apalah yg mini2 tanpa harus sungkan ma cwo..
    tp qt emg msi butuh cwo dimanapun berada..

    ahhhh semoga jadilah rencana ini.amiiiiin!!

  14. jefry Says:

    emag kren bozzz gw kmren abis dr sna bsok mlh rencana blik lag

  15. bwocah Says:

    betul betul ms…

    sy k sna pas liburan semester 3 kmaren.brg tmen2 ..mantap emg pemandangannya….
    Masya ALLAH..

  16. ichur Says:

    mas…
    salam kenal .
    butuh info nih,.. ada yang pengen kesono gak week end ini. tanggal 25-29. saya ada rencana kesana cuman dari jkt sendirian … klau boleh gabung …🙂 pengen banget kesana.. tmn2 pada belum tau kesana nya..

    thank u

    ichur

  17. Nina Says:

    wow..jd pgn kesana juag niy… ajak mam dan pap ah.. biar bs pegi kesana..
    pulau sempu…
    I am coming, hehehe.. :))

  18. estuary Says:

    liat fote aja dah ngebet banget kesana, tapi dari tahun 2005 sampe sekarang cuma dibohongi terus ma bojoQ bilange kalo ga lama g enak nanggung,tapi kliatane emang bener ya dari crita orang2 bener2 mahakarya Tuhan yang sangat indah yang g bisa dilupakan n g bisa dibawa, kecuali hasil fotoe….kapan ya bisa kesana masak ngiler terus….

  19. abenk_tripilar@yahoo.com Says:

    kepingin juga aku mas, kasih data detailnya dong?
    mungkin agustus ini aku ma teman2 mau kesana.

  20. radit Says:

    pengen ksana…tapi takut nyasar,,soalnya ga ngerti daerah malang dan sekitarnya…. T____T

  21. rey Says:

    Mas, cuma mau nanya, kalo ke pulau sempu naik sepeda motor ( Tiger ) bisa nitip di mana? ada ga ya penitipan sepeda motor di desa deket2 sana? kalo naik angkot, saya pernah ngalami…gak uenaakk serruu…terimakasih

  22. Kunarti Setiawan Says:

    Salam kenal….

    Kawans, kami ada rencana ke pulau sempu awal Desember ntar. Kalo pulang pergi alias ga nge camp, bisa ga kami keliling tempat2 indah itu? TErus,jam berapa yach kapal2 menuju Sempu itu dah stanby…?

    Thanks a lot….

  23. bagus Says:

    untuk kemanan parkir mobilnya gimana?
    ada yang jaga mobilnya ndak?
    mobil di parkir dimana?
    apa ada masyarakat yang emnjaga krndaraan?
    apa parkir mobilnya dekat perumahan warga?
    makasi….

  24. bajoe13 Says:

    kira2 butuh uang brapa buat ksana ya??
    akhir tahun ada rencana ke sempu…..

  25. muhib Says:

    hemmm…..

    emang bagus bgt tuh mas Pulaunya..
    Alhamdulillah Aq uda ksna 2x sama ank2 PA MAJAPALA
    pa lage klo uda naik d btu karang yg pling tinggi itu
    waaah…bgtu menakjubkan kebesaran Allah
    klo ga januari/pebruari bsk mngkin ngadain ksna Lagee.

  26. dodo Says:

    budget nya berapa ya ?(dari surabaya) terus gampangnya berangkat dari mana..karena saya dari bogor..
    perlengkapan ada yg nyewain ga???makasi ya..tolong di balas..hehe:D
    trims..

  27. Alimi Says:

    Kalo udah pada tau Sempu bagus, aku anjurkan jangan dipublish besar-besaran kaya gini, coz pemerintah pasti mikir2, kalo bisa mendatangkan uang…pasti akan dieksploitasi jadi tempat wisata. ini SERIUS. apa jadinya ya, kalo sempu jadi kaya kenjeran? so sebelum menulis ato cerita panjang lebar, pertimbangkan juga resiko terhadap sempu. cukup cerita ke orang2 yang dapat dipercaya. Temen2 bisa search “pulau sempu” di google en baca crita/comment temen2 yang udah kesana, enggak sedikit yang “ngawur”. Ada pesan singkat untuk temen2 : Semua yang kita lakukan maupun yang tidak kita lakukan, pasti akan dimintai PERTANGGUNGJAWABAN, so BE CAREFUL!

  28. eMy...... Says:

    wich22222 mumpung lgi liburan muchh ah k cana !!!!! pantai i am coming

  29. eMy...... Says:

    aaaaaaaa pasti nyesellll bgt klo ngelewatin yang catu inich

  30. afifah heyy loo 12 thun 2010 Says:

    cantikk!!
    cun doe.. aq suke2 aq suke!!

  31. dat Says:

    wah wah, pulau sempu kan “tetangga” belakang rumah. kok bisa nggak tahu ya?…wajib kesana sepertinya…

  32. poenyakoer Says:

    saya tertarik dengan tulisannya. saya copas tulisannya di blog saya akan sertakan sumbernya. saya juga berencana akan kesana.

  33. yunaz Says:

    pulau sempu memang mantab indah sekali tp jgan kesana bila musim hujan karna akan makan banyak waktu dan tenaga terlalu extrim bos medanx…………

  34. Jidat Says:

    Saya juga sudah pernah kesana😀

  35. Angger Says:

    Q mw k sempuh.Kira2 swa prahu PP brpa???.
    Trus.Qt dsana lporan hrus byar 60rb???
    Mhal ammmeet

  36. mekujo Says:

    Blog seperti ini yg membuat Pulau sempu semakin rusak ,
    bolehlah kalo hanya info mulut ke mulut , tp klo dah post kyk gini …bs ancur tuh pulau …sory cuma numpang lewat bagi2 fikiran .piss.

  37. Edukasi Anak Says:

    wahhh keren banget.. jadi pengen jalan2 juga deh

    salam Hangat dari Kami Mainan Edukatif Anak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: