25 TAHUN SLANK MEMBUMI

slank
Berikut adalah laporan pandangan mata saya ketika menonton acara ulang tahun slank yang ke 25 di lapangan KODAM V/ BRAWIJAYA Surabaya, tanggal 29 desember 2008 kemaren.

Konsep acara menarik, dengan dibuat menjadi beberapa segmen, antara lain cinta, kritik sosial, alam, penghargaan terhadap musisi2 terdahulu, dll. Sehingga lagu2 yang dibawakan dapat terkonsep dengan jelas.
Pada konser ini slank berkolaborasi tidak hanya dengan artis2 tenar saja, tapi juga berkolaborasi dengan ORCHESTRA yang menurut saya sangat bagus sekali. Tapi saya sangat suka dengan kolaborasi antara slank dan GAMELAN BALI pada lagu bali bagus dan gak prawan perpaduan antara musik slank dan musik etnis sangat luar biasa. Selain berkolaborasi dengan musik etnis, slank juga ber kolaborasi dengan musik elektrik modern yaitu diiringi dengan DJ pada lagu I miss u but I hate u, serta denga mengundang PENIUP SERULING untuk menambah rasa dangdut yang kental pada lagu orkes sakit hati.
Acara ulang tahun slank yang ke-25 yang bertema MEMBUMI ini , Dimeriahkan dengan artis2 seperti AURA KASIH, MULAN JAMEELA, IAN ANTONO, AHMAD ALBAR, TEGUH VAGETOS, MELANIE SUBONO. Dan yang paling mengejutkan adalah hadirnya INDRA QADARSIH, mantan personel slank yang sekarang menjadi keyboardis BIP. Dan mereka menyanyikan lagu2 slank pada album2 awal mereka seperti suit2 hehe (gadis seksi…),maafkan.
Pada sesi penghargaan terhadap para musisi2 terdahulu, slank menyanyikan lagu JEMBATAN MERAH karya GESANG dengan nada rock n roll. Selain itu lagu rumah kita dari GODBLESS dinyanyikan olah slank dan AHMAD ALBAR serta diiringi dengan petikan gitar IAN ANTONO.
Pada akhir acara hadir menpora ADHIYAKSA DAULT diatas panggung yang memberikan penghargaan slank sebagai INSPIRATOR ANAK BANGSA, atas ajakan, tindakan slank yang kata menpora mampu menginspirasi pemuda2 bangsa ini (semoga… .-pen)
Acara ini mungkin (saya tidak tahu persis-pen)dihadiri dari SLANKERS SELURUH INDONESIA. Dari bendera, spanduk, hingga banner ukuran besar terlihat darimana saja para slankers ini berasal. Sepengetahuan saya ada slankers dari Jakarta, gresik, jawa barat (lupa daerahnya –pen), slankers Balikpapan, dll. Saya juga baru tahu ada juga SLANKERS JADUL. Waktu saya nonton ada 3 orang bapak2 yang berumur menginjak 40an lah. Saya kira mereka copet, karena saya pernah hampIr dicopet waktu mau nonton konser. ditambah lagi mereka nggak memakai atribut slank yang biasanya dipakai para slankers. hehehe… . tapi setelah saya amati, lho ko mereka semua hafal lagu2 slank. Apalagi waktu indra qadarsih tampil dan memainkan lagu2 lama slank, mereka kegirangan gak karuan. Hehehe… . selain itu saya juga melihat laki2 dan perempuan muda memakai baju slank dan menggendong anak bayi. Wow… .sampai sebegitu hebatnya pengaruh slank bagi slankers.
Overall acara ini bagus, namun yang disesalkan adalah, acara yang dipotong per-segmen membuat acara tidak bisa dinikmati (menurut saya-pen). Acara yang konon kabarnya disiarkan langsung oleh ANTV ini membuat konser terpotong2 untuk iklan. Dan lebih memuakkannya lagi iklannya itu HAPE ESIA SLANK yang baru saja diluncurkan yang slogannya “KALO KAMU SLANKERS SEJATI, BELI HAPE ESIA SLANK”. Lha klo g punya duit, masa harus maksa beli???? Yah mungkin itu juga tuntutan ESIA sebagai pemakai slank sebagai icon mereka, dan slank juga butuh makan jadi klop-lah. Cuma mungkin, mengingat pengaruh slank kepada slankers sangat kuat, semoga slogan ini tidak membuat para slankers gelap mata dan membabi buta untuk memiliki hape ini, Cuma hanya agar diakui sebagai slankers sejati.
Oh iya… .satu lagi, di konser itu ditunjukkan trailer FILM GENERASI BIRU. Film musikal Yang disutradarai oleh GARIN NUGROHO ini dan dibintangi oleh NADINE CANDRAWINATA ini, menceritakan tentang kondisi Indonesia dari kacamata slank. Film ini akan tayang pada 19 februari 2009.
Semoga slank di usia yang seperempat abad ini slank mampu lebih dewasa, mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa ini, and keep rock n roll.
…PISS…LOVE…UNITY…RESPECT…

15 Responses to “25 TAHUN SLANK MEMBUMI”

  1. masciput Says:

    arek – arek sing nonton, jarene okeh sing kecopetan!

  2. bledex Says:

    Wah…
    Trauma kecopetan yo, Cak?
    Aku cuma bisa nonton siaran langsungnya…
    Emang mantab….

  3. mahma mahendra Says:

    @masciput:
    klo di konser biasa banyak copet. makanya klo nonton konser g usa bawa dompet. hehehe…

    @bledex:
    bukan trauma, tapi hati2. hehehe… .
    mantab? keren banget yooo…. .

  4. Fenty Says:

    gak langsung kok, recorded di ANTV tanggal 2 kemaren kalo gak salah … oooh gitu ya … males liat, soalnya gak seberapa suka😀, eh kuclukz juga ke sana, gak ketemu dia *ya ampun, bayangin parkirannya melebihi kapasitas brawijaya aja kaya’nya gak mungkin deh ya* :p

  5. guntur45 Says:

    oiyo, lali…
    awakmu tuku HP Esia Slank gak?
    hehehe…

  6. mahma mahendra Says:

    @fenty:
    g percaya km? km si g dateng sendiri :p

    @guntur45:
    males wes… .

  7. ndop Says:

    oooh, yang aku tonton kemarin to… ealaah, ternyata di situ ada sampeyannya juga toh.. waduh gak ngamatne aku…

  8. Sawali Tuhusetya Says:

    slank memang grup musik yang membumi. syair2nya cerdas dan ringan, tapi sungguh menyentuh nurani.

  9. genthokelir Says:

    penyuka slank juga yah
    memang slank nggak hanya mampu cantik bermain musik namun bagus dalam mengelola band dan fansnya
    terlebih kehebatan syair syair yang menyentil ( gayannya)
    salam kangen salam hormat selalu

  10. Gempur Says:

    salam untuk para slankers semua.

    selamat merayakan ultah terbesar slank di surabaya tempo hari lalu..

    Salute to Slank and Slankers

  11. yuwaku Says:

    SLANK itu memang band yg paling oke banget diantara band2 di indonesia nurut aku sih salam P.L.U.R

  12. mahma mahendra Says:

    @ndop:
    jgn sampe sampeyan ngamatne satu2. bisa kero matane sampeyan.

    @kyai slamet:
    yang ultah slank, bukan saya

    @pak sawali:
    bisa aja bapak… .

    @genthokelir:
    salam balik bos… .

    @pak gempur:
    salam juga… .

    @yuwaku:
    salam PLUR

  13. dwie Says:

    Piss..
    q suka banget ma 5L4NK.
    lagunya TOP abis…merakyat euy…
    buat :Abank2 q (SLANK) cieeh…sukses deh…
    AI LOPH YU PUL….HAHAHAHA….

  14. shoim ska negara Says:

    JAWA TIMUR

    slank tetap maju meskipun tidak boleh konser ultah, saya slankers jember tetap mendukung,, ,, ,,

    HIDUP SLANKERS,, PLUR,, SBY,, VIRUS


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: