GOLPUT JUGA PILIHAN POLITIK

beberapa hari ini saya terlibat percakapan seru di slank dot com. ada sebuah topik yg kykny lagi rame diomongin di forumnya. tentang permasalahan golput. terjadi debat yang hebat samapai menggoncangkan dunia slankdotcom (berlebihan ya… .) antara saya dan si virus.

menurutnya bagaimanapun juga para caleg dan capres, yang sekarang ini harus kita pilih bagaimanapun buruknya para caleg dan capres. jadi kita milih yang terbaik antara yang terburuk. tapi dia keukeuh klo kita harus nyoblos dan harus teliti calon2 yang ada. cari semua kebaikan dari diri mereka. baru pilih yang sreg dihati.
nah, saya sendiri malah menyatakan golput juga pilihan, golput juga sebuah tindakan politik. Dan memang golput adalah satu bentuk sikap politik, atau bisa jadi bentuk ketidak pedulian terhadap politik. Di amerika setiap pemilu,pemilih selalu kurang dr 50 persen. Tp tetep aja presiden dilantik. Golput memang td akan mempengaruhi hasil akhir pemilu. Cuma secara de facto, pemerintahan akan menjadi td legitimate. Nah di indonesia sendiri,bercermin dr hasil pilkada kemaren, suara golput hampir saja memenangkan pemilu.di jateng hampir 50 persen golput,di jatim 40 persen, bahkan ad yg sampai 60 persen golput (sy lupa tempatny.hehehe…). dengan golput menunjukkan bahwa rakyat merasa partai sekarang ini tak beda dengan yang dulu. dan mereka tidak akan mempercayakan suaranya 5 taon ke depan untuk menjadi lebih buruk. dengan begitu, pemerintahan yang terpilih nantinya (kalau golput lebih besar dari kemenangan partai pemenang) maka pemerintahan tersebut secara de facto tidak mempunyai legitimasi yang kuat.

kalau ada yang bilang golput itu haram, golput itu bukan pilihan politik, golput itu sebuah tindakan bodoh. mungkin suara2 itu adalah suara2 titipan parpol yang takut kalau nanti mereka memerintah, mereka tidak akan mempunyai legitimasi yang kuat.

rakyat sudah bosan dengan perubahan2 semu sekarang ini. perubahan sejati belum pernah terwujud, selama para pemimpin masi itu2 saja dam masi berkiblat pada kapitalis yang sebenarnya sendiri sudah mulai runtuh…

gimana menurut kalian masalah golput…?

UPDATE: kata temen saya, saya bisa dipenjara gara2 provokasi soal golput di tulisan saya, gimana nih. hehehe… .

11 Responses to “GOLPUT JUGA PILIHAN POLITIK”

  1. hastu Says:

    ah ga usah terlalu dipikirin lah, ntar malah posing ndiri loh

    sy sih mo doa aja, modah2an ntar pas hari H ga ketiduran seharian lagi

  2. fardhani Says:

    hmmm, golput memang suatu pilihan, tapi alangkah baiknya apabila kita menggunakan hak suara kita daripada dibeli oleh pihak yang ingin memanfaatkan surat suara kita yg kosong itu.

  3. Sawali Tuhusetya Says:

    mantapkan langkah utk golput kalau memang ndak ada pilihan yang tepat, mas magma. ini menyangkut soal masa depan bangsa sekaligus juga biar menjadi bahan refleksi bagi para politisi.

  4. Edi Psw Says:

    Kalau dipenjara kan tambah enak, nggak usah milih. Hehehe…

  5. DE Says:

    jaman gini apa ya masih ada paksaan untuk tidak bergolput ? aneh kalau masih ada apalagi pernah denger golput mau diharamkan !

  6. Endy Says:

    endingx lucu jg
    hhehe:p

  7. gempur Says:

    betul, golput juga bagian dari pilihan politik jika memang tak ada pilihan yang menurut mas magma bagus. mendingan pas pemilu pura-pura aja ketiduran atau tidur beneran. hehehehe…

    saya kemarin pilkada terpaksa nyoblos gara-gara kompromi dengan kebaikan pak RT yang meminta saya partisipasi

  8. mahma mahendra Says:

    @ hastu:
    ketiduran ato pura2 tidur… .

    @ fardhani:
    silakan, ini bukan ajakan buat golput kok, cuma sekedar wacana aja.

    @pak sawali:
    hmm… . memang pak untuk golput harus dengan pertimbangan yang mantab.

    @ pak edi:
    mending g milih tapi g dipenjara. hahahaha… .

    @ ely:
    situ mah kebanyakan liat bunga. jd g tau berita. hehehe… .
    piss sis ely

    @endy:
    ending yg mana? penjara?

    @pak gempur:
    pilkada kmaren nyoblos mana pak? hehehe… .

  9. adinxtm Says:

    yah golput…kayaknya asyik

  10. dir88gun Says:

    assalamu alaikum wr. wb.

    Permisi, saya mau numpang posting (^_^)

    http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/06/03/menggugat-demokrasi-daftar-isi/
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/03/24/hukum-pemilu-legislatif-dan-presiden/

    semoga link di atas bisa menjadi salah satu rujukan…

    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
    Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan. (-_-)

    wassalamu alaikum wr. wb.

  11. mahma mahendra Says:

    @adinxtm: saya g provokasi loh ya. wakakaka… .

    @dir88gun: wah kampanye nih. wekekek… piss bro… .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: