KEJANGGALAN PADA KEMATIAN MAHASISWA NTU SINGAPURA

tadi pagi saya liat di tvone berita soal kejanggalan kematian david hartanto, mahasiswa NTU di Singapura. lalu saya googling, menemukan blog dari kawan akrab david. berikut postingannya:

edwin2026:
Saya salah satu teman dekat David Hartanto dan saya disini untuk memberikan beberapa fakta, asumsi, dan kemungkinan tentang kasus ini.

Fakta:
1. Lok Tat Seng, Dekan Mahasiswa NTU mengumpulkan semua mahasiswa Indonesia di International Student Center pada sore setelah insiden, dan dia hanya berkata bahwa ada saksi di tempat kejadian yang melihat tubuh David terbaring diatas tanah, meninggal. Lok Tat Seng tidak berkata bahwa saksi melihat David melompat dari balkon, dan
hanya itu -menurut dia- yang saksi lihat.

2. Satu-satunya pernyataan resmi dari pihak kepolisian adalah: David ditemukan meninggal pada TKP, mereka tidak menyebutkan bahwa dia melakukan bunuh diri.

Linknya: http://www.straitstimes.com/STI/STIM…20at%20NTU.pdf

Mereka juga hanya menyebutkan ‘Profesor dipercaya telah ditusuk’ Polisi tidak menyebutkan bahwa ‘Profesor telah ditusuk’ Darimana asumsi ini datang? Mengapa mereka tidak mengatakannya?

3. Saya dan beberapa teman bangsa Indonesia berkumpul malam ini, 3 Maret 2009, jam 8 malam di International Student Center dan berbincang dengan orangtua David, Mereka telah melihat tubuhnya. Disana TIDAK ADA LUKA atau tanda apapun pada pergelangan tangannya, dan polisi juga telah mengkonfirmasikannya.

Saya berasumsi bahwa orangtuanya tidak berbohong, dan berarti semua pemberitaan yang menyebutkan ‘David menyayat pergelangan tangannya’ adalah PALSU.

4. Luka yang ditemukan pada tubuh David, menurut orangtuanya, adalah pada kepalanya (Diduga pada saat jatuh), dan luka sayatan pada lehernya. Luka pada lehernya ini sangat mencurigakan menurut saya. Darimana dia menerima luka tersebut? Lagi, menurut orangtuanya, polisi menduga luka itu terjadi saat bagian bawah kepalanya jatuh ke tanah. Jika begitu, seharusnya dagunya rusak, dan itu tidak.
Pertanyaan saya adalah: DARIMANA LUKA SAYAT PADA LEHERNYA BERASAL?

Asumsi/Dugaan:
1. David menusuk profesor. Darimana anda tahu? TKP adalah ruangan tertutup, hanya David dan profesor itu. Tidak ada yang melihat apa yang terjadi. Saksi mata hanya melihat David lari keluar dari ruangan itu.

2. David bunuh diri. Bagaimana mungkin seseorang yang melakukan bunuh diri menjatuhkan dirinya ke atap kaca, dibanding menjatuhkan dirinya langsung ke tanah.

3. David menyayat pergelangan tangannya. Saya tidak tahu darimana berita ini berasal.

4. Motivasi David.
4.1 Dia kecewa karena prof tidak memberinya nilai yang memuaskan
Nilai belum dikeluarkan, dan bahkan dia belum menerima rapornya. Juga adalah peraturan NTU untuk tidak menginformasikan mahasiswa tentang nilainya sebelum saat pengumuman nilai.

4.2. Dia memiliki masalah mental
Tidak ada catatan di Pusat Konseling Mahasiswa tentang kehadirannya. Untuk murid yang brilian sepertinya, saya tidak percaya dia tidak datang konseling jika dia punya masalah. Juga, dia masih membawa tas dengan barang-barang yang biasa digunakan pada hari insiden, seperti botol minum, handuk, dll. Jika dia berencana membunuh seseorang, mengapa dia harus membawa barang-barang seperti itu, akan lebih mudah untuk hanya membawa satu buah pisau dan menusuk prof di TKP.

4.3. Dia kecewa karena beasiswanya telah dicabut.

Saya kenal David sejak menjadi teman 1 kamarnya 2 tahun berturut-turut sejak kamp pelatihan Olimipiade Matematika. Dia hampir tidak terpilih untuk IMO (International Mathematics Olympic), hanya memperoleh urutan 14 dari 15 orang yang terpilih. Dia masih bercanda dan tertawa pada saya saat itu. Dia juga tidak memperoleh apapun dari IMO dan masih baik2 saja, tidak terlihat tertekan atau apapun, dan menurut orangtuanya, dia berkata “Setidaknya, saya telah mewakili Indonesia pada IMO’. Dia juga masih bermain game Hammerfall di Facebook pada jam 2 pagi pada hari insiden. Teman saya melihat account Facebook-nya online. Bagaimana mungkin seorang pembunuh bermain game pada malam sebelum insiden? Jika saya menjadi dia, saya akan serius mempersiapkan esok hari.

Kemungkinan-kemungkinan:
1. Profesor menyerang David. Saya menyimpulkan hal ini karena beberapa poin penting.
Menurut banyak laporan, pakaian David basah oleh darah. Jika darah itu hasil menyayat pergelangan tangannya, seharusnya tidak membasahi pakaiannya karena pergelangan tangan jauh dari tubuh. Jika dari luka leher, hal itu lebih mudah terjadi.

2. David mencoba lari dari Profesor. Setelah menyadari bahwa dia diserang, dia mempertahankan diri dan lari dari ruangan itu, dengan luka di lehernya.

3. David jatuh karena hilang kesadaran. Dia menjadi panik dan mungkin kehilangan kesadaran karena pendarahan parah, sehingga terjatuh ke atap kaca untuk lari dari Profesor.

dan saya dapat video ini dari yutub, buatan wni yang ada di singapura:

semoga saja para pemimpin kita yang sekarang ini sibuk dengan kampanye parpolnya masi peduli dengan warga negaranya yang ada di luar negeri. kalau untuk tki yang disiksa mereka banyak kurang bisa mengungkap. semoga kasus ini bisa diungkap. selain menyangkut proteksi negara terhadap nyawa dan harga diri bangsa, hal ini juga menyangkut hak kekayaan intelektual (bila hal ini benar).

7 Responses to “KEJANGGALAN PADA KEMATIAN MAHASISWA NTU SINGAPURA”

  1. gempur Says:

    Sebuah pengakuan yang berani dari seorang teman orang yang tertuduh membunuh professor dan diduga melakukan aksi bunuh diri.

    Temuan dan pengakuan ini bisa dan wajib ditindaklanjuti oleh para pejabat terkait, minimal deplu mengupayakan investigasi untuk mencari kejelasan dari masalah ini.

    Jangan sampai harga diri bangsa tercoreng kembali mengingat yang meninggal adalah pahlawan bangsa dalam hal science.

    Semoga ada kepedulian dari pejabat yang berwenang.

  2. hastu Says:

    setubruk ma pengomen diatas

    di masa kampanye ini hendaknya para pejabat n mentri yg berwenang menyelesaikan tugasnya, jangan mentang2 dah dapet cuti unlimited trus jadi mendagri or mendadag pergi

  3. ^__kunam__^ Says:

    ternyata kamu ngikutin juga perkembangan berita ini. David itu menciptakan skripsi yang akan sangat berguna bagi dunia militer pada masa depan. keren pokonya. ya sama hebatnya dengan skripsi “teman kita” yang meninjau lalu lintas sekitar SUTOS sebagai bahan skripsinya..

  4. pelajar indonesia Says:

    lebih baik di bikin film aja biar warga dunia tau bahwa david hartanto widjaya adalah peneliti sekaligus penemu “multiview aquisition from multicamera configuration for person adaptive 3d display” biar semua masalahnya jadi jelas tolong kepada para sineas dan produser untuk memperhatikan hal ini.

    bahwa david hartanto widjaya(wni) adalah peneliti dan penemu yg jenius sedangkan prof.chan kap luk adalah pembunuh dan perampok hak cipta orang.

  5. rei_ Says:

    GW rasa…ManG tu dosen kGak da oTAK>>>EGOISSSSSSSSSSSSS

  6. Lia Says:

    kurang ajar banget dah!!!!!! kesel bgt dengernya!!! yang namanya guru ato proffesor harusnya membimbing muridnya, kan mereka itu orangtua ke-2 selain di rumah!!!!! dasar, hanya karena muridnya lebih jenius dari dia, faktor iri hati emang bisa membutakan segalanya !!!!!
    hal ini ngebuktiin juga bahwa di indonesia masih banyak anak bangsa yang jenius, bisa dibanggakan dan dihargai di mata dunia… semoga almarhum David tenang disisi Tuhan

  7. Gombal Says:

    Saya dapat info yg belum dikonfirmasi bhw semua temen David (ada yg laen negara) yg mengerjakan thesis TA yg sama dengan Prof Chan Kap semuanya mati terbunuh.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: