EFEK RUMAH KACA

Meskipun judul tulisan saya adalah tentang efek rumah kaca bukan berarti tulisan saya ini berisi tentang efek rumah kaca akibat pemanasan global atau semacamnya. Tapi melainkan efek rumah kaca sebagai sebuah band bernama, efek rumah kaca.

Hmm… kenapa saya menulis band ini? Karena menurut saya band ini lain daripada yang lain. Pada awalnya saya sepintas lalu mendengar lagunya yang berjudul cinta melulu. Saya tidak begitu suka, karena menurut saya biasa saja dan cenderung mainstream tentang cinta – cintaan. Tapi setelah saya dengar baik, liriknya kok aneh ya? Liriknya bercerita tentang lagu Indonesia yang cenderung ke “cinta – cintaan” sesuai permintaan pasar.
Dan ketika baca Koran kompas saya melihat sebuah kolom kecil di pojok atas di rubrik pemilu legislative, waktu itu berjudul “efek rumah kaca” saya pikir apa hubungannya pemilu dengan pemanasan global? Ternyata setelah saya baca rubrik itu berisi tentang tulisan band efek rumah kaca tentang pemilu legislative. Saya piker, ini band kok aneh
Yang ketiga, saya membaca Koran slank, Koran yang dikeluarkan oleh slank untuk para penggemarnya. Disitu dibahas review band – band baru ataupun yang sedang naik daun, dan lagi – lagi saya melihat band efek rumah kaca. Disitu secara global dijelaskan memang band ini bukan band yang mainstream, bahkan ada yang bilang kalau band ini adalah band politik
Segera saja saya dengarkan lagu – lagu efek rumah kaca di album pertamanya, dan memang benar isi lagu ini sangat aneh dan tidak pada umumnya. Seperti lagu cinta melulu yang saya terangkan diatas, ada juga lagu belanja terus sampai mati. Lagu yang bercerita tentang budaya konsumtif masyarakat kita, bercerita tentang percintaan sejenis di track bukan lawan jenis. Dan masih banyak lagu yang benar – benar diluar mainstream.
Lalu ketika album kedua keluar, lagi – lagi single yang aneh. Judulnya adalah kenakalan remaja di era informatika. Berisi tentang kebiasaan anak muda jaman sekarang yang seenaknya beradegan mesum, dan adegan mesum itu direkam di handphone. Dan akhirnya menyebar kemana – mana. Lalu di track tubuh membiru, tragis bercerita tentang bunuh diri.
Hmm… satu lagi band yang “out of box” setelah kemunculan iwan fals di tahun 80an, lalu slank di tahun 90an, sekarang adalah efek rumah kaca. band yang digawangi oleh cholil (gitar,vocal), akbar (drum,back vocal), adrian (bass, back vocal) siap menggebrak mainstream musik indonesia.

enjoy…!!!

15 Responses to “EFEK RUMAH KACA”

  1. Anas Says:

    oalah band efek rumah kaca. lagunya lumayan mas..

  2. Fenty Says:

    Lagu Cinta Melulu … hahahaha … I love that song ^^

    Magma, yang rajin dong mampir, aku sampe lupa melink blogmu … nanti kalo sempet ya😀

  3. ridu Says:

    iya bener banget.. saya juga suka lagu itu.. pas baru denger pertama kali tapi udah lama sih..

  4. Gempur Says:

    wah kethok’e keren nih band-nya. menarik dan patut disimak bahwa masih ada musik-musik antimainstream dgn bobot idealisme yg tidak enteng.

  5. Sawali Tuhusetya Says:

    saya suka banget dengan grup musik yang mengusung tema2 sosial dan kritik. semoga kehadiran “efek rumah kaca” bisa menjadi musik alternatif di tengah trend musik yang banyak menghamba pada kepentingan kaum kapitalis. selamat tahun baru 2010, selamat menyongsong perubahan dan pembaharuan.

  6. shopie Says:

    baru tahu neh band mas….*setelah baca ini pastinya….
    ehm..ternyata masi ada hubungannya ma slank ya???🙂

  7. ndöp™ Says:

    apik lagune… aku tau ngrungokne ning emtivi…

    pop pop barat ngono to alirane… hohoho…

  8. ndop Says:

    apik lagune… aku tau ngrungokne ning emtivi…

    pop pop barat ngono to alirane… hohoho…

  9. EA Jazz Kisser the Kayser Says:

    Great Band, Great Personels..!
    Keep on brother !

    ~ a freely way of life ~


Leave a Reply

