FALSAFAH HIDUP KOPAJA

kopaja… ya kopaja adalah salah satu alat transportasi yang ada di jakarta. sebuah bus mini yang konon katanya menurut cerita teman saya sebenarnya itu bukanlah bus mini. tapi sebuah isuzu elf dan sejenisnya, yang dirubah sedemikian rupa menjadi sebuah minibus yang bisa memuat penumpang lebih banyak. tak jarang kita jumpai ada box accu nongol dibawah kursi kita, jerigen yang berisi air yang nyambung ke radiator. dan kalo dicermati, posisi duduk supirnya itu agak serong dari setir, jadi gak lurus.hehehe… emang klo masalah modifikasi, orang indonesia tuh jago2…

nah, sebagai penumpang setia kopaja, yang hampir setiap hari naek kopaja. saya sedikit melakukan pengamatan. dimana pengamatan ini rupanya bisa menjadi sebuah falsafah hidup. berikut adalah beberapa falsafah hidup dari kopaja:

1. BERSAING SPORTIF ALA KOPAJA

bila ada dua kopaja satu trayek berjarak dekat, maka bisa dipastikan akan terjadi kebut – kebutan jalanan ala fast and furious. kopaja yang didepan akan berusaha secepat mungkin menjauh, dan kopaja yang didepan akan berusaha mencari celah untuk menyalip. tapi yang bagusnya mereka bersaing sehat, artinya selama saya naek kopaja gak ada kopaja yg bener2 memaksakan untuk masuk menyalip sampai menabrak. terkadang ketika sudah sedikit masuk kopaja yang belakang, yang depan akan mengerem. dan memulai lagi pertarungan dari awal. begitu jg kalau yg belakang gak nyampe untuk nyalip, dia gak akan maksa.

2. TEAMWORK ALA KOPAJA

sopir dan kenek adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. gak ada sopir yang bisa jalan tanpa kenek, dan tak ada kenek yang bisa jalan tanpa sopir (pastilah…) bila di balapan ada yang namanya navigator, nah inilah peran sang kenek. dia harus tau kapan kopaja lain mendekat dari belakang, sehingga sopir di depan bisa siap2 tancap gan. selain itu bila keadaan macet, sang kenek akan turun dan menjadi pembuka jalan bagi sang sopir. bila ini tak berjalan, dipastikan kopaja gak akan sampai dengan cepat. pernah saya naek kopaja, dimana sang kenek sangat pasif. akhirnya sang sopir marah2, dan akhirnya saya telat sampe kantor😦

3. BERIMAN ALA KOPAJA

hehehe… apa yg dimaksud beriman ala kopaja??? ada yg bilang, klo naek kopaja/metromini itu akan mendekatkan kita dengan Tuhan. kok bisa??? gimana nggak, dengan kecepatan tinggi dan kondisi bus yang tidak terawat, dan suasana traffic jakarta yang cukup padat. bisa dibilang, nyawa kita ada ditangan pak sopir… karena itu, banyak2lah berdoa di kopaja biar sampai dengan selamat :p

4. MEMENTINGKAN YANG PENTING ALA KOPAJA

apa yg dimaksud mementingkan yang penting. kondisi kopaja yang pernah saya naiki 90 persen bobrok. mesin suara keras, body ringkih, pernah saya naek kopaja dan engkelnya copot, hasilnya penumpang dideportasi ke kopaja yg laen. tapi, lagi – lagi sepanjang pengetahuan saya tentang kopaja. tidak pernah saya naek kopaja dengan rem yang kendor (maksudnya gak blong, tapi gak pakem juga. gak tau bahasanya apa…) rem di bus – bus kopaja sangatlah pakem, terbukti dengan kecepatan tinggi, dia bisa berhenti dengan cepat. inilah kenapa saya bilang mementingkan yang penting. mugkin bagian badan bus yang laen boleh tidak terawat. tapi jangan maen2 dengan rem. harus dirawat, karena itu penting!

hmm… sampai saat ini sejauh pengamatan saya, falsafah2 diatas yang bisa kita ambil dari kopaja. sebuah angkutan umum yang tetap harus bersaing ditengah ganasnya kehidupan jakarta…

*gambar diambil dari sini

6 Responses to “FALSAFAH HIDUP KOPAJA”

  1. shopie Says:

    pertamax…

    kosan kantor jauh ta mas? kok naek kopaja? ndak busway?

  2. Falsafah hidup kopaja | kaskusus Says:

    […] tulisan diambil dari sini […]

  3. Ely Meyer Says:

    hikmah bisa dipetik dr mana saja ya .. termasuk dr kopaja🙂

    apa kabar ? iseh eling aku ra yo ?

    • mahma mahendra Says:

      hi mbak ely😀
      kabar baek… waduh, lama gak saling mengunjungi blog kita😉
      saya sudah lama melupakan blog saya, dan ini baru mulai nge-blog lagi. hehehe…

  4. zulfi Says:

    wah begitu.. saya tidak pernah naik bus KOPAJA. menurutku. jalan yang bermacet dengan bus susah – susah saja.. bagus naik ayam hehe.. apa kabar?


Leave a Reply

